Percuma Pinter

Pas lagi kusyuk-kusyuknya Misa Malam Natal kemarin, tetiba yang duduk depan gue jatuh ke lantai. Gue ngeh sih pas dia mulai sempoyongan dan duduknya perlahan miring. Tangan gue langsung berusaha nyergap badan dia tapi kalah cepet. Anak perempuan usia remaja jatuh ke lantai dan kejang-kejang, tepat di depan mata gue.

Gue bingung gak ngerti mau ngapain. Di otak gue cuma ada dua hal: Jangan sampai lidahnya kegigit dan berusaha gotong dia. Pas lagi berusaha ngegotong, gue ngeliat gerakan tubuh dan sorot mata anak itu mirip banget sama temen kantor gue yang juga pernah mengalami hal yang sama dengan anak itu. Bukan cuma pernah, tapi beberapa kali. Dulu sih temen gue “cuma” butuh waktu aja untuk normal lagi. Gak butuh perawatan khusus. Dia akan kumat kalau ada beban pikiran atau kelelahan. Jadinya saat itu gue agak lumayan tenang. Yang penting ngebawa anak itu ke tempat yang lebih nyaman.

Petugas tata tertib Gereja langsung pada dateng, termasuk bokap yang pas misa duduk di sebelah kanan gue. Alih-alih memberi pertolongan, eh mereka malah bikin rusuh. Cuma berkerumun tanpa tau harus bertindak apa. Jadinya semacam ada yang mencet copy paste diri gue di sana. Cuma nambah banyak doang, ga ada manfaatnya.

Pas dipikir-pikir lagi, kok ya kayaknya percuma banget gue sekolah tinggi-tinggi, kalau nemunin kendala sederhana macam gitu aja gak bisa menyelesaikan. Apalah arti nilai mata kuliah Prilaku Konsumen, Psikologi Umum, Akuntansi Biaya, Filsafat Bisnis, sampai Metode Penelitian. Harusnya dulu pas SD-SMA daripada ikut pramuka mending ikut PMR. Atau itu kegiatan Pramuka daripada sebagian besar waktunya dipake buat belajar sandi morse atau baris berbaris mending buat ngajarin anak-anak untuk paham pertolongan pertama pada kecelakaan atau penyakit-penyakit yang kemungkinan besar akan ditemui di jalan.

Kita semua paham bahwasanya sebaik-sebaiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Tapi sayangnya tidak semuanya paham bahwa manfaat itu tidak melulu hal-hal yang besar.

Tulisan ini telah dikunjungi sebanyak 1 kali, 100 diantaranya adalah kunjungan hari ini.