My Mermaid Story (Mermaid Cattleya)

Penulis: Cattleya Lychee

11203095_1393035567689412_7605033897329156637_n

BABYCHEE – Amazingly Yours Truly

Semua orang pastinya pernah punya childhood dream, kan? Terkadang saat kita udah dewasa, mimpi itu benerbener fix cuma jadi mimpi. Yang ada malah diketawain sama temen-temen dan lingkungan sekitar. Misalnya aja, waktu kecil karena kebanyakan nonton kartun atau denger dongeng yang luar biasa fantasinya, kita jadi kepengen bisa terbang, kita kepengen bisa tinggal di hutan yang keren, bisa sihir, bisa apapun pokoknya sesuai dengan idola yang kita liat di tv atau buku cerita. Dan itu terjadi sama aku. Bahkan, sampai usia 20 tahun sekarang, aku sangat-sangat tergila-gila dengan cerita dongeng.

Jadi Mermaid. Itu mimpi aku waktu aku masih umur 4 tahun. Waktu itu aku pertama kali dijadiin model sama papa. Aku diajak catwalk dan fashion show anak. Lokasinya di ancol. Setelah catwalk, aku diajak liat-liat biota laut dan disitu luar biasa keren! Dan mama yang berperan parah dalam masalah mermaid, ga ada abisnya dongengin aku tentang Ariel The Mermaid. Makin menjadi jadilah impian aku untuk jadi mermaid. But well, cuma mimpi ternyata. Tapi sebagai gantinya aku mulai les berenang saat umur 5 tahun dan aku mulai suka sama air. Suka banget malahan. Tergila-gila, gamau lepas dan bahkan saat ke Bali pertama kali pas umur 4 tahun itu sampe ga mau ninggalin laut.

Semenjak itu aku jadi cinta mati sama laut dan hal-hal yang berbau laut. Aku selalu ngoleksi kerang dan selalu terobsesi jadi bagian dari laut. Taun 2004 saat ada acara dari Radio Sonora jalan-jalan ke Bali, aku ikut bareng cici sepupu dan ketemu laut lagi. Ngumpulin kerang lagi. Dan parahnya makin jatuh cinta lagi lagi dan lagi sama lautan. Ga bisa move on pas pulang dari Bali. Setiap hari ceritain indahnya lautan. Tapi sayang aku ga bisa sering-sering ke laut. Aku tinggal di perkotaan, jauh ke lautnya apalagi aku masih kecil, ga bisa kemana-mana sendirian.

Akhirnya takdir berkata lain. Aaktu umur 12 tahun, aku sekeluarga sama sodara pergi holiday dan disana terjadi insiden yang super parah dan fatal. Intinya waktu aku surfing ya aku kehilangan keseimbangan, jatoh, kalah sama ombak, BLACKOUT. Untungnya saat itu dapet pertolongan dari safety crew. Trauma, nangis, jejeritan, benci laut, ga mau liat laut dan bahkan liat bak mandi aja ketakutan. Setelah insiden itu sempet aku ga mau nyentuh kolam renang entah berapa lamanya saking trauma dan bener2 masih syok terus tiap liat air. dan aku bersumpah sama diri aku sendiri ga akan mau berenang atau mimpi jadi mermaid lagi apapun alasannya.

Tahun berganti tahun akhirnya masuk taun 2010 di mana aku masih duduk di bangku SMA dan mulai bandel. Koko sepupuku selalu ngajak aku jalan-jalan ke ancol, duduk-duduk di pinggir pantai sampe pagi. Iya, sampe pagi. Mama sampe marah-marahin aku dan koko karena pergi ga pernah inget waktu. Tapi entah kenapa aku semakin terobsesi sama lautan dan trauma kegulung ombak itu mulai hilang. Aku mulai jatuh cinta lagi sama lautan… peaceful, beautiful, magical. Itu aja yang terus muter-muter di otak aku setiap ngeliat lautan. Rasanya kepengen lari-lari di pantainya dan semakin mantep untuk kepingin jadi Mermaid. Padahal waktu itu umur udah 15 tahun loh. Mimpi masi aja sama.

Disini perjalanan dimulai. masuk dunia modeling dan mulai foto dimana-mana, teruatama di pantai. Angan-angan jadi mermaid itu masih ada, sedih rasanya kalo sadar ga ada yg support sama sekali dan cuma bisa liat mermaid lewat tv atau internet doang. Rasanya masih kepengen berusaha mewujudkan mimpi pas masih kecil tapi itu semua udah mustahil. Karena aku sadar semua udah ga mungkin lagi, aku beralih untuk menjadi model yang profesional di bidang Fairy Tale. dan berhasil!! Aku mulai bisa dikenal di kalangan fotografer dan teman-teman model. Puncak meledaknya antusias aku di dunia Fairy Tale itu tahun 2014 dimana aku dibanjiri tawaran menjadi model Fairy Tale. for your information, Fairy Tale itu jadi kaya princess di dongeng2 gitu loh. Pokoknya berhubungan dengan hutan-hutan gitu deh foto-fotonya.

Tapi, jadi mermaid juga bagian dari Fairy Tale loh! tapi.. ga ada yang support.. Akupun bingung gimana caranya untuk jadi mermaid.. Tapi Tuhan Yesus emang ga akan ngebiarin anaknya sedih! Tahun 2015 di sela-sela shoot, aku di calling untuk modeling underwater. wooow.. suatu tantangan yang aku belum yakin bisa jalanin dengan baik. Tapi entah kenapa aku dengan percaya diri dan mantepnya aku bilang ke fotografer itu “Bisa kak!! Aku bisa banget underwater oke fix kita ketemu di lokasi jam 2 siang ya. see you there.”

Sehari setelah shoot, foto di upload ke facebook dan mengundang antusias fotografer lain untuk minta aku jadi model underwater! Yes aku seneng banget dan aku mulai jalanin underwater modeling. Sampai ada satu sesi yang membuat aku merasa “gue ini mermaid” dan karena termotivasi jadi mermaid, tiap pemotretan aku selalu semangat dan semangat dan semangat. Sampai pada akhirnya.. Salah satu fotografer aku yang seorang professional diver menawarkan diri untuk melatih aku jadi Indonesian Very First Professional Mermaid. WOW !!! ini jawaban Tuhan dari mimpi masa kecil aku!

Aku beli monofin (kaki ikan duyung buat berenang) dan aku mulai latihan rutin seminggu minimal 3 kali latihan.Di lokasi latihan juga ada anak kecil atau orang dewasa yang mulai nyapa aku “hai mermaid” bahkan teman-teman satu lokasi juga mulai manggil aku dengan sapaan “mermaid caty” seneng? BANGET. bahagia? BANGET! Akhirnya mimpi aku jadi kenyataan. Dan siapa bilang jadi mermaid ga menghasilkan sama sekali? Segala jenis hobi atau cita-cita kalau kita bisa mengelola pasti akan ada hasilnya, dan intinya sih aku cuma mau bilang.. Ga semua mimpi kita itu sia-sia kok. satu-satu nya orang yang bisa kamu percaya itu adalah diri kamu sendiri karena kalau kamu ga nolong diri sendiri, siapalagi yang mau nolongin kamu jadi sukes?

Bertahun-tahun nunggu dan ternyata hasilnya baru sekarang. dan aku ga akan sia-siain kesempatan ini. Aku sampe mengorbankan banyak hal demi ngebelain jadi mermaid loh. Tapi aku tetep tanggungjawab sama pilihan aku. Kalau kalian punya mimpi yang kalian kepengen raih, intinya jangan ngebiarin apapun ngehalangin kalian, banyak yang ngatain, sirik, nge-bully, ngejatohoin kita, ngejelekin, itu mah karena mereka punya mimpi yang ga kesampean karena mereka ga bisa mengolahnya jadinya mereka ga mau sedih sendirian, mereka mau orang lain ikutan sedih dan ikutan jatoh. jangan pernah mau ngikutin apa kata orang, apalagi yang ga membangun. Percaya sama kata hati diri sendiri, ga ada yang lebih indah daripada satu mimpi yg kita perjuangin akhirnya jadi kenyataan. Keep Rocking Jesus Bless !!

Tulisan ini telah dikunjungi sebanyak 1 kali, 403 diantaranya adalah kunjungan hari ini.