HOMS 2022 – Bangkit & Bergegaslah

“Orang Muda Katolik adalah daya hidup gereja. Vitalitas Gereja ada pada kalian. Kalau tidak ada OMK, Gereja jadi tua,” kalimat penutup dari Romo Edi yang disambut riuh tepuk tangan 400an Orang Muda yang hadir di perayaan Ekaristi Kaum Muda dalam rangka Hari Orang Muda Sedunia (HOMS), Sabtu 26 November 2022 yang lalu.

Gue yang mendengar dari luar aula seketika merinding. Mungkin terdengar lebay, tapi saat itu memang persaaan gue luar biasa campur aduk, antara terpacu oleh ucapan Romo Edi, bersemangat mendengar tepuk tangan teman-teman OMK, sekaligus waswas karena hujan belum juga reda mengguyur sedari siang.

HOMS sedianya digelar pada tanggal 19 November sesuai dengan kalender gereja, akan tetapi karena satu dan lain hal, perayaan HOMS di Keuskupan Agung Jakarta terpaksa mundur satu pekan. Bergesernya tanggal acara tentu saja berefek pada banyak hal, salah satunya tempat acara. Pemindahan tempat acara berpengaruh ke kapasitas peserta, dan perubahan kapasitas peserta pasti mempengaruhi jumlah konsumsi yang perlu dipersiapkan. Efek domino mencapai puncaknya makanakala mata kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya mesti dilakukan penyesuaian. Sebagian besar yang telah dipersiapkan berubah siginfikan.

Perayaan HOMS 2022 diadakan di Seminari Wacana Bakti. Ada dua kegiatan, Perayaan Ekaristi Kaum Muda (EKM) dan Malam Keakraban. Perayaan Misa dipimpin oleh Romo Edi Mulyono SJ (Vikep KAJ), Romo Frans Kristi Adi, Pr (Sekretaris Komisi Kepemudaan KWI), Romo Andreas Subekti, Pr (Ketua Komisi Kepemudaan KAJ), dan Romo Salto Deodatus, Pr (Wakil Ketua Komisi Panggilan KAJ). Selesai Misa, para peserta bergegas menuju area Malam Keakraban, terdapat panggung hiburan yang menampilkan 5 band & 1 dance dari perwakilan dekenat & Seminaris Wacana Bakti, juga booth makan malam & snack yang dapat diambil cuma-cuma dengan menukarkan kupon.

Sukacita Malam Keakraban HOMS 2022 ditutup dengan launching logo terbaru Komisi Kepemudaan dan sesi sharing iman dari Guest Star yang dipandu oleh Romo Bekti. Malam itu, Orang Muda KAJ juga berhasil mengumpulkan dana sebesar 7 juta rupiah untuk korban gempa di Cianjur, melalui kolekte Misa.

Sejujurnya, kalau mengingat-ingat apa yang terjadi pada hari-hari persiapan, gue sempat pesimis perayaan HOMS akan terselenggara, dan kalaupun akhir tetap digelar, gue takut acaranya berantakan. Segala jenis prasangka negatif menyelimuti pikiran gue.

Panitia inti HOMS 2022 baru terbentuk kurang dari H-3 pekan, kemudian dalam rentang 1 pekan, tim panitia inti bergerak paralel: menyusun konsep acara, mencari vendor panggung & sound, mencari bintang tamu dan pengisi acara, termasuk bergerilya mencari tambahan pasukan untuk bergabung sebagai panita, yang akhirnya terkumpul kurang lebih 100 Orang Muda dari berbagai Dekenat. Ketakutan gue semakin menjadi-jadi di H-7 hari karena surat izin dari kepolisian urung didapat, sedangkan peserta yang mendaftar sudah mencapai angka 700. Gokil! Kami memasang target 1000 orang berkumpul di perayaan HOMS 2022, yang terdiri dari peserta sebanyak 800, panitia 100, dan undangan 100.

“Untung pesertanya ga dateng semua, kalau dateng semua, bisa kewalahan kita,” ujar salah seorang teman panitia kepada gue.

Ada perasaan kecewa ketika mengetahui acara ini tidak full house. Akan tetapi keesok harinya setelah membaca berita bahwa ternyata Jakarta Sabtu itu macet total di banyak titik imbas diguyur hujan seharian dan ada hajatan besar di sekitar Senayan, gue langsung mengamini ucapan teman gue itu.


Puji Tuhan, acara berjalan lancar, meriah, penuh keakraban dan sukacita, walaupun ada banyak kekurangan di sana sini. Salah satunya vendor konsumsi telat datang. Makanan dan minuman yang seharusnya sudah siap sebelum misa selesai, ternyata baru datang di atas jam 7 malam karena terjebak macet. Bahkan ada vendor makanan yang baru datang di atas jam 8. Beruntung siomay dan kue basah datang tepat waktu, setidaknya bisa sesaat mengganjal perut para peserta sembari menunggu menu utama tiba.

Jadi sebetulnya, melihat situasi di hari Sabtu kemarin, HOMS 2022 berpotensi tidak dihadiri oleh peserta satu pun karena hujan dan macet. Dan andai saja seluruh peserta (1000 orang) datang, maka efeknya bisa lebih buruk lagi, bisa muncul kekacauan dan ketidakpuasaan, karena vendor konsumsi makan malam terlambat datang. Bisa dibayangkan betapa Tuhan sudah mengatur segalanya agar HOMS 2022 bisa tetap terselenggara dengan jumlah peserta yang tepat, menyesuaikan situasi dan kondisi.

Jadi teringat kisah Perinikahan di Kana, di mana Bunda Maria membantu dari balik layar, memastikan ketersediaan anggur cukup untuk seluruh undangan melalui muzizat Tuhan Yesus. Gue merasa ada banyak campur tangan Bunda Maria dan Muzizat Tuhan yang melengkapi semuanya, sehingga HOMS 2022 berjalan lancar

Oh ya, Bunda Maria mengajarkan banyak hal di HOMS 2022 ini. Gue melihat banyak Orang Muda, khususnya teman-teman Dekenat Selatan & Volunteer Campus Fidei, yang dengan gagah berani menunjukan semangat “BANGKIT & BERGEGAS” dalam menerima perutusan untuk terlibat sebagai panita HOMS dengan waktu persiapannya yang super mepet. Sesungguhnya mereka punya segudang alasan untuk menolak tanggung jawab besar ini, dan tim panitia inti pun pasti tidak akan memaksa bila mereka menolak, tapi, toh, ternyata, mereka menjawab  “ya”. Luar biasa!


Teman-teman Orang Muda benar-benar mempraktekkan keteladanan Bunda Maria yang langsung Bangkit & Bergegas begitu mendengar kabar Gembira dipilih Tuhan untuk mengandung Yesus Kristus, Juru Selamat kita. Sebuah tanggung jawab yang tidak mudah, datang tiba-tiba tanpa persiapan, namun tetap menanggapi perutusan Tuhan dengan penuh semangat dan ketulusan.

Semangat Bangkit & Bergegas juga tampak nyata dalam diri seluruh pengisi acara, dari YCCR yang mengiringi perayaan ekaristi, band & dance dari Dekenat yang menghibur di Malam Keakraban, lalu Frater dan seminaris Wacana Bakti yang turut membantu selama persiapan dan di hari H, sampai para bintang tamu yang terdiri dari Sherine (Pemenang Lomba Logo Komkep), Yosua (pemenang Theme Song IYD), Gilang Gomblo (Artis), dan Tommy “2nd Chance” (Penyanyi). Mereka semua kami hubungi mendadak untuk diminta kesediaannya berpartisipasi dalam kegiatan HOMS, dan langsung menerima  dengan penuh sukacita.

Semoga HOMS tahun ini benar-benar menjadi perayaan yang menyatukan serta mengobarkan semangat Bangkit & Bergegas untuk Orang Muda Katolik di KAJ.

Mengutip dan sedikit memodifikasi Homili Romo Bekti di perayaan EKM, “Kalau Bunda Corla aja bisa viral dan menginspirasi,, Masa Bunda Maria gak bisa?”

Ayo, teman-teman Orang Muda, kita Bangkit & Bergegas!

Anggara Gita (@cekinggita)

Koordinator Acara HOMS KAJ 2022

***

Link kumpulan Dokumentasi HOMS 2022

1) https://drive.google.com/drive/folders/1zoRYhjWkTFDiYnUnYctBPYwqAIgAxa_E?usp=share_link

2) https://1drv.ms/u/s!Ak7GafwOVAqlqA-x2QMN-9-tKXqv?e=MckMiG

Publikasi Media – HOMS 2022

1) https://youtu.be/Id-7ZtAde6Q

2) https://www.sinarharapan.co/kesra/pr-3855880495/perayaan-homs-2022-orang-muda-katolik-kaj-gelar-acara-dan-donasi-bagi-korban-gempa-cianjur

3) https://www.indotren.com/nasional/pr-3225876752/omk-keuskupan-agung-jakarta-bantu-korban-gempa-cianjur

4) https://www.strategi.id/nusantara/pr-1045877435/homs-2022-orang-muda-katolik-kaj-bangkit-dan-bergegas

5) https://www.ragamindonesia.com/nasional/pr-4455877984/sukacita-homs-2022-sukses-terselenggara-tumbuhkan-semangat-orang-muda-katolik-kaj-untuk-bangkit-dan-bergegas

6) https://www.mediusnews.com/khazanah/pr-1325880565/gilang-gomblo-dan-tommy-2nd-chance-hibur-orang-muda-katolik-kesaksian-anggara-gita-persiapkan-homs-2022

Tulisan ini telah dikunjungi sebanyak 2 kali, 8 diantaranya adalah kunjungan hari ini.