Proaktif Membantu

Helping-Hand

Suatu ketika, gue cerita ke adek gue bahwa gue baru aja menemukan jalan pintas dari Taman Galaxy ke Kemang Pratama. Lumayan banget motong jalan dan gak kena macet. Maksud gue cerita gitu supaya adek gue juga bisa ngelewatin jalan pintas tersebut bila suatu saat memerlukan. Eh, tau gak apa kata adek gue?

“Ya itu mah Anggi udah tau dari dulu.”

Lah, anjir, gue kaget dong ya. Kenapa ga cerita dari dulu. Padahal dia harusnya tau bahwa gue sering banget ke Kemang Pratama.

“Ya Mas Angga gak nanya sih,” sahut adek gue.

Itulah letak perbedaan gue dan adek gue, dan mungkin dengan kebanyakan teman-teman lainnya. Gue punya kecenderungan proaktif membantu atau menginformasikan hal yang dirasa penting ke orang lain. Beberapa orang menganggap gue vokal atau tukang protes, padahal itu salah satu bentuk rasa sayang gue, bahwa gue gak akan membiarkan orang lain melakukan kesalahan atau membiarkan orang lain tidak mendapat pengetahuan yang sama dengan gue. Makanya gue juga sering banget cerita, selain protes.

Siang tadi gue nelepon pacar temen gue, menawarkan bantuan atau kesediaan bilamana dia butuh curhat, second opinion, atau lawan bicara. Gue yakin banget dia pasti salah tangkap. Gue memang sengaja bicara tersirat, alih-alih blak-blakan ngomong “Oit, gue mau ngasih saran buat lo nih..”, karena sebelumnya pacar temen gue ini punya pengalaman buruk bercerita dengan gue. Gue rasa dia pasti udah males denger opini gue, makanya gue gak mau maksa. Gue cuma nawarin kesediaan aja.

Gue gak bisa diam aja melihat kondisi pacarnya, yang mana adalah teman gue sendiri, yang akhir-akhir ini mulai kelihatan merosot lagi. Beberapa teman yang lain sudah mulai resah, bicara di belakang. Gue yakin, gue satu-satunya orang yang selangkah di depan teman yang lain, menawarkan bantuan, alih-alih cuma berasumsi macam-macam.

Tapi ya begitulah kehidupan gue. Selalu saja disalah pahami. Dan gue gak pernah merasa butuh klarifikasi.

Selamat malam.

*image diambil dari https://www.google.co.id/search?q=helping&safe=strict&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjjyeKn6_HcAhUKvY8KHRMrBucQ_AUICigB&biw=1600&bih=763#imgrc=_0AaNSgGpnZqBM:

Tulisan ini telah dikunjungi sebanyak 4 kali, 37 diantaranya adalah kunjungan hari ini.

About the Author

cekinggita
Perakit Balon @nf.nellafantasia & peracik kata @kedaikataID

Be the first to comment on "Proaktif Membantu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*