Mie Aceh Seulawah

NF Review perdana yang gue pajang di blog. Selama ini cuma ada Instagram @nf.review.

Malem Minggu akhir Januari yang lalu ceritanya gue lagi mau ke acara Malam Puisi, trus berhubung nyampenya “kepagian” jadinya gue sama Dinda makan dulu. Nah Mie Aceh Seulawah kebetulan banget ada di sebelah kiri jalan yang lagi kami lewatin dan tampak kosong saat itu. Ya udah gak pakai pikir panjang. langsung mlipir.

Mie aceh sih seingetan gue ya udah gitu aja bentukannya dari zaman ke zaman. Mie gede, kuah kental dengan cita rasa rempah yang kuat. Gue mesen 1 porsi Mie Goreng Aceh Kepiting, yang katanya menu andalan mereka, lalu 1 porsi Mie Rebus Komplit, 1 Gulai Ikan Hiu, dan 2 Teh tarik yang gue suka banget banget. Trus si Dinda juga nyobain Timphan sebagai pencuci mulut.

7

612

Dari harganya aja, si Mie Goreng Kepiting ini udah beda jauh dengan menu lainnya seperti Mie Aceh Komplit dll yang kisaran 30-40ribuan. Si Mie Aceh Kepiitng 85ribu. Hampir 3 kali lipat.Udah berasa betapa spesialnya.

11

Oh ya, seinget gue dulu ketika pesan mie aceh gak pakai ditanya mau pedas atau enggak, nah yang ini Mbak pelayannya nanya. Jadinya gue seneng banget, bisa pesen yang gak pedes. Gue bukan penggemar makanan pedes soalnya.

Mienya pas, ga terlalu lembek ga terlalu keras. Bumbu mienya juga enak banget, rempahnya terasa pas di lidah. Dannn yang paling unik adalah ada kepiting utuh ‘nangkring’ di atas mie nyaaaa. Kirain bakal disuir-suir gitu. Eh taunya dapet utuh. Wew. Surprisingly kepitingnya juga fresh, dagingnya manis, lembut. Ga nyangka aja. Biasanya kan resto yang memang bukan resto khusus seafood, stock kepitingnya juga ala kadarnya, but this Mr.Crab was perfect in every way.

Untuk Mie Aceh Rebus Komplit,isinya emang komplit. Aneka macem kecuali kepiting. Gue sih lebih suka yang Mie Rebus ketimbang Mie Goreng. Berasa lebih segar, soalnya ada kuahnya.

Trus gue juga nyobain Gulai ikan hiu. Agak deg-degan pas pertama kali nyoba. Ternyata ikan hiu itu teksturnya cukup mirip dengan tongkol, tapi sekali gigit ga langsung lunak kayak tekstur ikan tongkol gitu, agak mesti dikunyah beberapa saat baru lunak. Jadi kayak daging. Rasa gulainya untuk lidah gue sih biasa aja. Gak istimewa, walaupun harganya ya lumayan. Mungkin faktor ikan hiunya yang bikin harganya lumayan

Sedangkan si hidangan penutup, Timphan, bentuknya mirip nagasari, hanya saja komponennya nangka dan pisang.

13
Gue upload full video pengalaman makan di Mie Aceh Seuwalah di Youtube cekinggita (klik aja)
Dan sudah pernah dipajang di IG @nf.review (klik aja)#NFReview #ReviewKuliner #ReviewMakanan #KulinerAceh #KulinerJakarta #MieAceh #MieAcehSeulawah

143
Tulisan ini telah dikunjungi sebanyak 1 kali, 14 diantaranya adalah kunjungan hari ini.

About the Author

cekinggita
Perakit Balon @nf.nellafantasia & peracik kata @kedaikataID

Be the first to comment on "Mie Aceh Seulawah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*